Aug 20, 2018

Cara Mengimpor Kontak dari WPS Spreadsheets ke Grup Kontak Android

Mengimpor kontak dari WPS Spreadsheets ke Android sangat diperlukan terlebih jika jumlah kontaknya sangat banyak, agar kita tidak menyimpan satu-satu manual di Android. Capek. :D Untuk mengimpor, membutuhkan bantuan Google Contacts. Hasil impor dari Google Contacts berupa grup, sehingga tidak perlu mencari satu per satu kontak. Cukup dengan membuka grup hasil impor saja.

Cara mengimpor kontak dari WPS Spreadsheets ke grup kontak Android:
(versi yang saya gunakan adalah WPS Office 2016)
  1. Pastikan Android sudah login/terhubung dengan akun Google.
  2. Login Google Contact melalui browser. Pastikan akun Google sesuai dengan akun Google pada Android.
  3. Setelah berhasil login Google Contacts, ubah tampilan ke versi lama dengan mengklik "Buka Versi Lama/Go to The Old Version" di bawah Setelan/Setting.
  4. Siapkan worksheet dengan format kolom "Name" dan "Mobile Phone". Nama dan nomor handphone sudah cukup, namun bisa ditambah yang lain seperti "Company", "Email Address", dll..

    Sebelumnya, pastikan semua data nomor handphone memiliki angka 0 di depan, karena secara default sel jika diisi angka 0 di depan nomor handphone maka akan hilang. Jika belum ada angka 0, cara mudahnya adalah blok semua data nomor handphone - klik kanan - Pilih Format Cells - Pilih kategori Custom - Ketik "0"0 pada Type - OK.
  5. Save as worksheet dengan tipe file CSV.
  6. Kembali ke Google Contacts - Impor Kontak ... - Pilih file worksheet CSV yang sudah disiapkan - Impor

  7. Masuk ke grup kontak Android, dan lihat hasil impornya. :D Nama grup hasil impor secara default adalah "Diimpor(spasi)Tanggal Impor".

Sekian tulisan dari saya tentang cara mengimpor kontak dari WPS Spreadsheets ke grup kontak Android. Terimakasih. Semoga bermanfaat. :)

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment