Jan 11, 2019

Cara Membuat Kuis dengan Nilai/Skor Menggunakan Google Forms


Google Forms umumnya digunakan sebagai media pengisian data, namun sebenarnya juga dapat digunakan untuk membuat kuis, yang setiap soal dapat diberikan poin, kemudian poin-poin diakumulasi menjadi nilai/skor akhir.

Cara membuat kuis dengan nilai/skor menggunakan Google Forms:
  1. Login Google Drive.
  2. Klik tombol New - More - Google Forms



    Jika ingin menggunakan template, bisa pilih Google Forms - From a template.
  3. Klik ikon settings - QUIZZES - aktifkan "Make this a quiz" - Save



    Pada quiz options, ada pilihan pengaturan untuk kapan nilai/skor akhir ditampilkan dan apa saja yang bisa dilihat oleh responden. Dalam contoh ini, saya menentukan bahwa responden dapat langsung melihat nilai/skor akhirnya, dan responden juga dapat melihat mana jawaban benar-salah serta rincian poinnya.
  4. Pastikan sudah masuk ke tab QUESTIONS untuk mulai pembuatan kuisnya.

    - Isi judul dan deskripsi kuis.


    - Buat soal. Setiap soal dapat ditentukan metode pengisiannya, yaitu pilihan ganda, checkbox, dropdown, essay pendek, atau paragraf.


    Dalam contoh ini, saya pilih untuk semua soal metode pengisiannya adalah pilihan ganda (multiple choice), maka dalam  setiap soal harus membuat beberapa pilihan jawaban.


    Jangan lupa pastikan jika soal wajib diisi, maka aktifkan soal menjadi Required.


    Setiap soal dan jawaban juga dapat disisipkan gambar, yang mungkin dapat diperlukan untuk pendukung, dengan mengklik ikon Add Image.


    Untuk penambahan kategori soal, klik ikon Add Section. Ini memungkinkan kita untuk membuat kuis menjadi lebih terstruktur, misalnya jika membuat satu kuis namun terdiri dari beberapa kategori atau bab.


    - Tentukan kunci jawaban dan poin soal dengan mengklik tulisan "ANSWER KEY".


    Saya berikan kunci jawabannya adalah "Microsoft Office" dan poin setiap soalnya 50, karena saya buat contoh kuis ini hanya 2 soal, 2 x 50 = 100. Hehe.


    - Tambah soal dengan mengklik ikon Add Question.


    - Jika sudah selesai membuat semua soal, maka sebarkan soal dengan mengklik tombol SEND dan tentukan media penyebarannya, yaitu via email, link, atau embed HTML.

Bagi yang ingin mencoba pengisian kuis yang saya buat seperti contoh di atas, silakan klik di sini. Setelah selesai mengisi, klik tombol VIEW SCORE untuk melihat nilai/skor akhir beserta kunci jawabannya.


Sekian tulisan dari saya tentang cara membuat kuis dengan nilai/skor menggunakan Google Forms. Terimakasih. Semoga bermanfaat. :)

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment