Jan 31, 2019

Cara Shutdown Otomatis Windows dengan Timer

Berkaitan dengan pengalaman pribadi saya di kantor, dimana saya sempat jengkel dengan kebiasaan beberapa karyawan yang menggunakan pc kantor saya yang sering lupa shutdown setelah pakai. Hal ini tentunya membuat CPU menjadi bekerja terus-menerus, selain itu juga boros listrik (meskipun saya bukan pemilik kantor tapi saya tau pemborosan adalah tidak baik), dan juga turut menyumbang global warming (kasihan nasib beruang kutub, dimana tempat tinggalnya terus mencair karena efek global warming).

Sempat saya disarankan oleh rekan kerja saya untuk mengaktifkan shutdown otomatis, namun tidak saya lakukan karena waktu itu belum mengerti. Hehe. Yang saya pikirkan saat itu adalah mencoba dengan cara manual, yaitu dengan memberikan kertas peringatan "SHUTDOWN setelah pakai" yang ditempel pada pojok kiri pc. Ternyata sama saja, karyawan masih sering lupa untuk shutdown setelah pakai. Akhirnya mau tidak mau saya harus coba saran dari rekan kerja saya, shutdown otomatis, yang saya akhirnya jadi tahu caranya dengan kejadian ini. :D

Cara shutdown otomatis Windows dengan timer:
(versi yang saya gunakan adalah Windows 8)
  1. Klik kanan ikon Windows pada taskbar - Run (atau cukup dengan tombol Windows + R)
  2. Ketik "shutdown -s -t waktudalamdetik" - OK


    Saya menentukan dalam 5 jam ke depan Windows pc saya shutdown secara otomatis, maka saya ketik angka "18000" karena 18000 detik sama dengan 5 jam.

    Kemudian akan muncul notifikasi seperti ini:


    Yang menyatakan bahwa Windows akan shutdown secara otomatis dalam waktu 5 jam ke depan. Perhatikan jamnya, 3:52 PM adalah jam saya eksekusi dalam run, dan 8:52 PM adalah jam Windows akan shutdown secara otomatis.

    Untuk membatalkan, ketik perintah "shutdown.exe -a" pada Run.
Sekian tulisan dari saya tentang cara shutdown otomatis Windows dengan timer. Terimakasih. Semoga bermanfaat. :)

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment